Pengolahan Pangan Tradisional Vs Modern

Seiring perkembangan zaman, teknologi juga berkembang. Sama halnya dengan pengolahan pangan, dahulu dan sekarang dapat terlihat perbedaannya.

Lalu, apa yang membedakan antara proses pengolahan dahulu dan sekarang?

Dahulu, proses pengolahan pangan masih tergolong minim dan kualitas pangan yang dihasilkan juga tidak sebaik sekarang. Contoh sederhana, adanya perkembangan teknologi memungkinkan terjadi adanya proses pengalengan. Proses pemotongan juga terlihat bedanya. Kini dapat ditemukan dengan mudah mesin pemotong otomatis, terutama di pabrik-pabrik daging modern. Melakukan panen saat musim panen juga bukan menjadi hal yang sulit lagi sejak ditemukannya mesin panen massal. Cukup dengan menggoyangkan dahan secara berkala, semua buah matang dapat jatuh dari pohon.

Proses pengolahan yang dilakukan secara tradisional masih banyak dilakukan dan masih menjadi bagian dari budaya. Seperti contoh, adu sapi yang dilakukan oleh masyarakat Toraja dan berakhir dengan pemotongan sapi yang kalah masih ada. Pemotongan sapi dilakukan secara spontan dengan pisau dan tidak ada proses pengolahan modern. Tetapi, lain hal dengan pabrik sosis yang memotong sapi menggunakan mesin-mesin canggih. Mulai dari proses pemotongan, pemisahan karkas, pengolahan, hingga penyimpanan di dalam cold storage dilakukan dengan teknologi yang modern.

Apabila diperhatikan, proses pengolahan secara tradisional umum dilakukan bukan dengan tujuan untuk menjual produk pangan hasil olahan. Seperti contoh, budaya yang dilakukan oleh masyarakat Toraja dan proses memasak menu makan di rumah masih menerapkan proses pengolahan tradisional. walaupun masih ada usaha kecil menengah yang menerapkan pengolahan tradisional yang sederhana.

Dengan adanya perkembangan teknologi, pengolahan pangan menjadi lebih mudah untuk dilakukan walaupun tidak menutup kemungkinan masih dilakukan proses pengolahan tradisional, terutama di rumah dan daerah terpencil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s