Manajemen & Konsultan

Dalam menjalankan sebuah usaha tentu diperlukan sebuah manajemen yang baik. Apabila manajemen yang diterapkan baik, besar kemungkinan usaha tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Suatu manajemen yang baik dapat dilihat dari:

  1. Kemampuannya dalam membuat keputusan (decision making) – 25%
  2. Kemampuannya dalam menyusun rencana (planning) – 25%
  3. Kemampuannya dalam pencapaian (delivery) – 10%
  4. Kemampuannya dalam memecahkan masalah (problem solving) – 10%
  5. Kemampuannya dalam berkomunikasi (communication) – 10%
  6. Kemampuannya dalam menjual (salesmanship) – 10%
  7. Lain-lain: misalnya empati, kemampuan mendengar saran orang, ketegasan dalam bersikap, bersemangat atau tidak – 10%

Disisi lain, sebuah usaha dapat meminta bantuan pada konsultan dalam membimbing setiap langkah yang dikerjakan. Konsultan akan memberikan saran dan arahan agar manajemen sebuah usaha tidak salah dalam mengambil keputusan. Konsultan kerja yang baik dapat dinilai dari:

  1. Perencanaann kerja – 10%
  2. Penguasaan masalah – 20%
  3. Komunikasi dan koordinasi – 20%
  4. Pelaksanaan kerja – 20%
  5. Support – 10%
  6. Jaringan – 10%
  7. Inisiatif – 10%

Baik dari segi manajemen maupun konsultan, terdapat beberapa aspek yang dinilai sebagai prioritas/lebih penting, dan diikuti aspek lain sebagai pendukungnya. Hal ini dapat dilihat pada setiap aspek terdapat proporsi dalam %, yang apabila dijumlahkan dengan aspek pendukung lainnya akan memberikan proporsi 100%.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s