Memasak Pasta

Pasta adalah salah satu makanan khas dari Italia. Namun seiring perkembangan waktu, pasta sudah mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Ada beberapa jenis pasta yang umum ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu spaghetti, fettuccine, macaroni, lasagna, fusilli, dan masih banyak lagi. Umumnya, pasta direbus sampai al dente dan disajikan dengan saus yang beragam. Namun ada juga yang dipanggang dalam oven sehingga memberikan cita rasa yang berbeda. Perbedannya terletak di pemberian bumbu atau saus. Pasta yang direbus akan dimatangkan terlebih dahulu baru dicampur dengan bumbu atau saus, sedangkan pasta yang dipanggang umumnya sudah ditambahkan bumbu atau saus ke dalamnya. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai proses merebus pasta.

Merebus pasta merupakan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Prosesnya hanya membutuhkan bantuan dari air dan garam.

Garam? Untuk apa ditambahkan garam?

Pada dasarnya, garam ditambahkan pada air untuk merebus pasta. Penambahan garam pada air akan meningkatkan titik didih air. Penambahan 29 gram garam/L air mampu meningkatkan suhu sebesar 0.5 °C (Wolke, 2014). Titik didih yang tinggi menyebabkan pasta dapat termasak secara lebih baik atau dengan kata lain “it will be cooked better”. Selain itu, penambahan garam mampu mencegah hilangnya (atau lepasnya) nutrisi dari pasta ke air (Paré, 2001).

Menurut Robert L. Wolke dalam bukunya yang berjudul “What Einstein Didn’t Know: Scientific Answers to Everyday Questions” tahun 2014,  peningkatan suhu akibat penambahan garam tergolong sangat kecil. Oleh karena itu, penambahan garam umum dilakukan untuk meningkatkan flavor dari pasta dan menyebabkan pasta menjadi lebih empuk.

 

Referensi:

Paré, J. (2001). Low-Fat Pasta. Edmonton: Company’s Coming Publishing Limited.

Wolke, R. L. (2014). What Einstein Didn’t Know: Scientific Answers to Everyday Questions. New York: Courier Corporation.

 

(Don’t forget to leave a comment by clicking “leave a comment” button on the top left side, below post’s title.)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s